Home » » LAPORAN KERJA PRAKTEK PROYEK JALAN TOL CIJAGO

LAPORAN KERJA PRAKTEK PROYEK JALAN TOL CIJAGO

LAPORAN KERJA PRAKTEK
PROYEK JALAN TOL RUAS CINERE – JAGORAWI PAKET IIA (TENGAH) STA. 16+700 - 20+200

Assalamualaikum..... Sobat 3rd....
Udah lama ane gak ngepos nih,,, sampe ane lupa tadi gimana cara posting. sampe banyak sawang (Bhs. Jawa).
Sekarang ane balik lagi, semoga bermanfaat nih... 
Tahun sekarang ane habis ngejalanin Kerja praktek nih.. heheheheh.. berkat do'a orang tua terus juga temen ane semua nih....

langsung aja deh ini penampakan laporan ane .. 
kita intin ye.. isinya dikit hehehehehe


BAB 1
PENDAHULUAN


1.1              LATAR BELAKANG
Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian dari sistem jaringan jalan nasional yang penggunanya di wajibkan membayar tol dan memiliki peran yang sangat signifikan bagi perkembangan suatu daerah.
(Undang-Undang Tentang Jalan Tol, UU No. 15 Tahun 2005)
Disamping itu, jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan jalan nasional yang dapat menunjang peningkatan pertumbuhan perekonomian. Pengadaan jalan tol sendiri dimaksudkan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan serta keseimbangan dalam pembangunan wilayah.
Jalan tol yang sudah beroperasi di Indonesia dalam kurun waktu 36 tahun terhitung dari tahun 1978 sampai dengan 2014 ini sepanjang 820.2 Km3. Dalam mendukung kepastian dan kejelasan investasi jalan tol, pemerintah menyusun dan menetapkan rencana umum jaringan jalan tol yang menjadi dasar pembangunan jaringan jalan tol dan sebagi acuan bagi investor dalam berinvestasi. Dengan adanya jaringan jalan tol yang lancar, diharapkan aktivitas ekonomi menjadi berkembang dan maju.
(BPJT- Badan Pengatur Jalan Tol  http://bpjt.pu.go.id/konten/progress/beroperasi , 29 Oktober 2014)

Kegiatan Kerja Praktek di proyek pembangunan dalam kurikulum jurusan teknik sipil adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan seluruh mahasiswa untuk memenuhi tahapan dalam jenjang pendidikannya di bangku perkuliahan. Kerja Praktek ini memiliki peranan yang penting untuk seorang calon insinyur karena ilmu-ilmu yang selama ini hanya dipelajari di dalam kelas tentu dapat dilihat aplikasi kegunaannya dalam kehidupan nyata yaitu dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan. Dengan adanya kerja praktek ini tentu dapat ditarik ilmu-ilmu pelaksanaan yang tidak bisa didapatkan di bangku kuliah.
Melalui kegiatan ini pula mahasiswa memiliki wawasan yang luas terhadap perkembangan pembangunan di bidang konstruksi serta dapat melihat dan mempelajari kebijakan dan cara kontraktor utama sebagai pembangun dalam menghadapi permasalahan yang tidak timbul secara terduga. Sehingga pada akhirnya setelah selesai menyelesaikan pendidikannya di bangku perkuliahan, lulus, dan mendapat gelar, mahasiswa tidak hanya memiliki teori literatur saja namun telah memiliki pengalaman dan gambaran tentang kehidupan pembangunan dan pelaksanaan kegiatan di proyek yang dapat dijadikan bekal untuk kedepannya.
Laporan Kerja Praktek ini disusun berdasarkan data serta pengamatan langsung selama 30 hari yang dikerjakan oleh PT. HUTAMA KARYA (Persero) DEVISI JALAN & JEMBATAN, selaku kontraktor utama dalam proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi Seksi IIA  (Tengah) Sta. 16+700 – 20+200.

1.2              MAKSUD DAN TUJUAN KERJA PRAKTEK
Maksud dan tujuan Kerja Praktek dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.   Mengetahui urutan kerja (sequence) dalam sebuah pekerjaan.
2.  Membandingkan penerapan teori yang diperoleh di perkuliahan dengan yang terjadi di lapangan.
3.  Mempunyai pengalaman kegiatan fisik pembangunan, perencanaan dan manajemen konstruksi.
4.  Mengetahui manajemen proyek sesuai tugas dan fungsi dalam  manajemen proyek.
5. Sebagai syarat dalam menyelesaikan studi dalam bidang teknik sipil pada tahap Sarjana Muda untuk melanjutkan ke tahap sarjana teknik sipil Strata Satu (S1).

1.3              BATASAN MASALAH
Penulis dalam menganalisis masalah khusus dan menyusun laporan Kerja Praktek, untuk mendapatkan hasil maksimal dan mendalam, penulis membatasi pembahasan sebagai berikut :
1. Penulis hanya membahas masalah yang terjadi di tempat Kerja Praktek mengenai keterlambatan pelaksanaan dilintasan kritis pada pekerjaan Lapis Pondasi Agregat Kelas A (Sub-base) pada pekerjaan Jalan Utama proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi Seksi IIA  (Tengah) Sta. 16+700 – 20+200, dan solusi alternatif untuk mempercepatnya.

1.4              LOKASI KERJA PRAKTEK
Lokasi Kerja Praktek proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi Seksi IIA  (Tengah) Sta. 16+700 – 20+200 di Margonda – Cisalak, Depok -  Jawa Barat. Batas-batas proyek adalah sebagai berikut :
1.                  Sisi Utara                     : Perumahan Pesona Khayangan
2.                  Sisi Selatan                  : Jalan Ir. Haji Juanda
3.                  Sisi Timur                    : Jalan Raya Bogor - Cisalak
4.                 Sisi Barat                     : Jalan Margonda Raya



Gambar 1.1 Lokasi Proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi Seksi IIA  (Tengah) Sta. 16+700 – 20+200
1.5              SISTEMATIKA PENULISAN
BAB 1        PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang Kerja Praktek, maksud dan tujuan kerja praktek, batasan masalah, lokasi Kerja Praktek, dan sistematika penulisan.
BAB 2        TINJAUAN UMUM PROYEK
Berisi tentang latar belakang proyek, maksud dan tujuan proyek, data umum proyek, data teknis proyek, dan data administrasi proyek.
BAB 3        TINJAUAN PERANCANGAN MANAJEMEN PROYEK
Berisi tentang pembahasan manajemen proyek, perencanaan proyek, organisasi proyek, manajemen pelaksanaan proyek, serta pengendalian mutu, waktu dan biaya.
BAB 4        PELAKSANAAN PEKERJAAN DI LAPANGAN
Berisi tentang peralatan dan material yang digunakan serta metode pelaksanaan pekerjaan yang meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur bawah dan pekerjaan struktur atas.
BAB 5        MASALAH KHUSUS
Berisi tentang Percepatan Pekerjaan Lapis Pondasi Agregat Kelas A (Sub-base) Pada Pekerjaan Jalan Utama Sta. 17+150 s/d 17+350.
BAB 6        KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran penulis tentang apa yang telah dilakukan selama melaksanakan Kerja Praktek di lapangan dan masalah khusus yang diperhitungkan.

Sekian dulu nih... mungkin laporan kerja praktek ane gak sebagus orang lain tapi semoga bermanfaat bagi yang lagi membutuhkan.
Semoga ane dalam keadan seaat biar bisa ngasih makan nih blogg.. :)
kalo ada yang salah amatulisan ane atau ngutip dari orang konfirmasike ane deh.. biar di kelarifikasi. :)
Salam 3rd....




0 komentar:

Post a Comment

1. Silahkan Berkomentar Selagi Gratis, n selagi bebas berbicara asal jangan mengandung unsur SARA dan Pornografi.
2. Kalo ada yang menyinggung atau kurang berkenan dalam postingan ini mohon konfirmasi, supaya bisa di kelarifikasi.
3. Terimakasih yang sudah meninggalkan Komentar semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan dan Sehat selalu, Supaya bisa salaing berbagi..... :-)

Powered by Blogger.

TENTANG PENULIS

My photo

saya pengen berkarya dengan baik di mana pun,

SAUDARAKU