Home » » keutamaan sholat jum'at

keutamaan sholat jum'at

KEUTAMAAN DALAM SHOLAT JUM'AT


Assalamualaikum sahabat 3rd.... 
selamat pagi....

sekarangkan hari Jum'at tentunya bagi kita para kaum laki-laki sudah tidak asing lagi mungkin keutamaan-keutamaan dalam Sholat Jum'at udah pada tahu nih... tapi saya mau ngingetin aja barangkali ada yang lupa.

langsung aja pertama perintah melakukan sholat jum'atnya dulu... nih....

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". (QS. 62:9) 

 hadistnya:

Dari Thariq Ibnu Syihab bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sholat Jum'at itu hak yang wajib bagi setiap Muslim dengan berjama'ah kecuali empat orang, yaitu: budak, wanita, anak kecil, dan orang yang sakit." Riwayat Abu Dawud. Dia berkata: Thoriq tidak mendengarnya dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Dikeluarkan oleh Hakim dari riwayat Thariq dari Abu Musa.

hal ini betaa spesialnya karena perintah turun dari Allah langsung menuju titik point dalam ayat itu jelas.

adapun keutamaan-keutamaan kurang lebih sebagai berikut:

1.  merupakan hari yang terbaik di hari Jum'at.Abu Hurairah z meriwayatkan bahwa Rasulullah y bersabada:
"Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya."


2. ada waktu yang iktajab dalam sholat jum'at
Abu Hurairah z berkata Rasulullah y bersabda:
" Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah y mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu " (H. Muttafaqun Alaih)
Ibnu Qayyim Al Jauziah - setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu - mengatakan: "Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar", dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi (Zadul Ma'ad Jilid I/389-390). 


3. Hari tatkala Allah l menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga. Sahabat Anas bin Malik z dalam mengomentari ayat: "Dan Kami memiliki pertambahannya" (QS.50:35) mengatakan: "Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum'at". 


4. ketamsaan berSedekah pada hari itu lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya. Ibnu Qayyim berkata: "Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka'ab z menjelaskan:
"Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya". (Mauquf Shahih) 


5.  Merupakan hari dihapuskannya dosa-dosa Salman Al Farisi z berkata : Rasulullah y bersabda:
"Siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at". (HR. Bukhari). 


6. ketika orang yang berjalan untuk shalat Jum'at akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa.
Aus bin Aus z berkata: Rasulullah y bersabda:
"Siapa yang mandi pada hari Jum'at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah".
(HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah). 


demikian postingan keutamaan sholat jum'at kali ini semoga bisa bermanfaat buat kita semua....

tapi ada beberapa keutamaan yang di jalankan oleh penyengara sholat jum'at nih.
salaatunya adalah... yang memendekan khotbah dan memanjangkan solat, tapi kebanyakan di mesjid kita itu memanjangkan khotbah dan memendekan sholat. 
nah hal ini berlawanan dengan hadist berikut yang di riwayatkan muslim.
Ammar Ibnu Yasir Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya lamanya sholat seseorang dan pendek khutbahnya adalah pertanda akan pemahamannya (yang mendalam)." Riwayat Muslim. 
selamat menunaikan sholat Jum'at....
semoga amalan-amalan yang kita ketahui bisa di diamalkan... aammiinn....
Wassalamualaikum....

29 komentar:

  1. Replies
    1. setelah baca di atas katanya setiap langkah kita di hitung kalau naik kendaraan bagai mana mas

      Delete
    2. menurut ane sih.. di hitung setiap putaran roda mang. itu secara logita ane pernah.. bahas tentang itu bahkan lebih.... katanya.... pembahasan belum kelar mas... :) tapi yang jealan per putaran roda.

      Delete
  2. kalo gak jumatan 3 kali berturut-turut harus ngucapin shadat lagi bener gak Mas Bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas... harus... berurutan sih.. ia harus bersahadat lagi... tapi kalo ber seling-seling gak perlu.... mas.. tapi langkah baiknya ya... sholat jum'at terus....

      Delete
  3. bener sob baris juga menentukan sholat kita. trmksih sobat dah berbagi ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas... heheheheh.. baris pertama dapen onta sama cahaya di surga kaya cahaya matahari...

      Delete
  4. wah kebetulan sekarang hari jumat sob, makasih artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan.. sengaja mas.. hehehehehe.. di peruntukan... buat sholat jum'at... hehehehe

      Delete
  5. ayo bapak2...jgn lupa jum'at an. ntr siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan masih muda mba... indah... masih belum bapak2 hehehehe

      Delete
  6. saya berangkat sholat jum'at dulu ya kawan2...
    saya masih muda lho mbak indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo.... ane juga baru dateng... ning.. habis makan juga.. heehehehe..
      ia tuh mas agus.. kita kan masih muda... mas udah di panggil bapak... :)

      Delete
  7. nah kebetulan sblum saya brngkat sholat jumat saya komen dlu , hehehe :)

    ReplyDelete
  8. Ayo yang merasa pria sejati .
    Saatnya shlat jumat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia dong mba.. kita kan.. para pria sejati.. hehehehee

      Delete
  9. thanks pai amung sudah mengingatkan kami semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sama2 mas... hehehehe.. kita kan.. saling mengingatkan.. hehehehe

      Delete
  10. kalo masjidnya cuma dekat , berarti langkahnya dikit, mending yg jauh ya ga malas jumatan amalnya berkali-kali banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang.. ngakalinya mba.. tinggal muter aja... heheheheheh lewatnya... biar agak jauh....

      Delete
  11. ada beberapa kenalan cowok yg setau saya sholat wajibny bolong2, tp klo sholat jumat rajin..
    mungkin karena klo bolos sholat jumat kliatan bgt yah hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gtu mba... namanya juga cowo hehehehehehe bukan termasuk saya ya... :)

      Delete
  12. ada 1 hal yang saya tandai pada hari jumat...
    biasanya cuaca panas..nah disitulah kita diuji..hehe

    sepertinya OOT nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane pernah... mas pas jum'atan... saking penuhnya.. kan di luar awalnya panas... eh.. pas masuk rokaat pertama ujan deres....

      Delete
  13. Kalo selama bertahun-tahun nggak pernah sholat jum'at,hukumnya apa tuh,Mas?

    ReplyDelete
  14. saatnya sholat Jum'at

    www.alfatihsemarang.com

    ReplyDelete
  15. izin nyimak y...sukses slalu untuk anda :) aamiin

    ReplyDelete
  16. untuk para kaum adam janganlah kau tinggalkan solat jum'at

    ReplyDelete

1. Silahkan Berkomentar Selagi Gratis, n selagi bebas berbicara asal jangan mengandung unsur SARA dan Pornografi.
2. Kalo ada yang menyinggung atau kurang berkenan dalam postingan ini mohon konfirmasi, supaya bisa di kelarifikasi.
3. Terimakasih yang sudah meninggalkan Komentar semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan dan Sehat selalu, Supaya bisa salaing berbagi..... :-)

Powered by Blogger.

TENTANG PENULIS

My photo

saya pengen berkarya dengan baik di mana pun,

SAUDARAKU