Home » » UN Dinilai Bikin Stres, Ada Ritual Mandi Kembang Pensil, siapa yang TOLOL sebenarnya??????? Siswa? tau Penyelenggara UN?

UN Dinilai Bikin Stres, Ada Ritual Mandi Kembang Pensil, siapa yang TOLOL sebenarnya??????? Siswa? tau Penyelenggara UN?

UN Dinilai Bikin Stres, Ada Ritual Mandi Kembang Pensil, siapa yang TOLOL sebenarnya???????
Siswa? tau Penyelenggara UN?




Jakarta - Ujian Nasional (UN) untuk sekolah menengah atas sudah usai. Namun dampak dari UN menjadi perhatian para guru terhadap peserta didiknya, yang dinilai membuat siswa stres.

"Begitu banyak anak terutama mereka yang ditunda UN mengalami stres luar biasa. Bahkan ada juga anak yang saking stresnya membuat anak-anak dibayangi tidak kelulusan, ada yang sampai lupa letak toilet sekolahnya," kata Sekjend Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listiyarti saat berbincang dengan detikcom, Jumat (19/4/2013).

Retno menilai UN adalah bentuk kekerasan terhadap anak yang tidak mengukur kualitas anak sesungguhnya. Tekanan dari UN juga menimpa para pekerja di dunia pendidikan menengah ke atas.

"Ini kekerasan terhadap anak dan tidak mengukur kualitas anak. Tekanan mulai dari kepala dinas yang menekan sekolah dan sekolah menekan guru. Ini sudah tidak adil untuk guru karena merampas haknya untuk meluluskan," ujar Retno.

"Aneh sekali ujian ini melibatkan polisi dan TNI yang bersenjata. Ini biaya besar-besaran ternyata untuk mengukur sesuatu yang tidak tepat," tambah Retno.

Lebih jauh Retno menilai UN tidak memikirkan hak asasi para siswa, termasuk keberadaan petugas keamanan berseragam di lingkungan sekolah.

"Kami juga berpikir anak-anak ini banyak sekali yang tegang melihat polisi berseragam di sekolah. Sedangkan yang ditunda semakin panjang stresnya, dan dibayangi beragam ketakutan. Karena yang sudah ikut saja mengatakan soal sangat sulit dan kertasnya mudah sobek," ujar guru bahasa Inggris di SMA 13 Jakarta ini.

Berdasarkan pengaduan yang diterima FSGI menyebutkan adanya beberapa perilaku irasional yang dilakukan para siswa menjelang UN. Bagi Retno hal ini sangatlah memprihatinkan.

"Ini menambah stres dan menimbulkan sikap irasional seperti pensil yang diraut oleh kiai, mandi kembang, ini sangat tidak rasional. Akal sehat betul-betul direduksi dalam kebijakan seperti ini. Kami para guru menolak ujian nasional, jangan korbankan anak-anak kita," tutup Retno.

tulisan di atas.. bersumber dari detik.com
yang bikin ane pusing kenapa sampe segitunya... apa pemerintah TERLAU GOBLOK atau gima sampe terjadi kayak gini...
kasian tuh adik-adik kelas yang STREESSSSS...... BEEERRRRRRATTTTT

maaf ane jadi curhat...

23 komentar:

  1. Tujuannya baik ingin meningkatkan kualitas SDM namun hal ini tak semudah membalikan telapak tangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ook gan... setuju tuh..... terus juga apa sihgunanya ada UN.???

      Delete
  2. sirik tu....kalau ndak pernah belajar pakai dukun 100 ndak bakalan mendapatkan nilai yg memuaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mba... mending daripada mandiin pensil pake kembang mending mandiin kambing biar wangi di jualnya mahal... :)

      Delete
  3. Replies
    1. ia mba.... tuh.... saking tekanan batinnya srees banget.. sampe segitunya...

      Delete
  4. padahal mata pelajaran yang diujikan tidak menentukan keberhasilan si anak di dunia kerjanya... dan tentu saja tipe kepintaran tiap orang itu berbeda-beda. ada dari mereka yang pandai di akademik, tapi lemah di social. atau pun sebaliknya yang pandai di social parah di akademik. Jadi ujian nasional tidak bisa dijadikan tolak ukur standarisasi kemampuan anak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul banget gan.... uadah ada UN terus pas masuk ke perguruan TES lagi barerti percuma ada UN dong... begitu pun masuk kerja harus ada UN juga bagi anak SMK,

      Delete
  5. ada ada aja , masa toilet sekolahnya aja siswanya lupa...
    kunbal dari http://blog-sadid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia tuh mas sampe lupa heheheh
      ok OTW nih kunbal

      Delete
  6. waduh , ada2 saja nih kelakuan nya . gak bener ituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mendingin mandi sendiri ye.. biar seger... :D

      Delete
  7. Replies
    1. maklum perkebangan jaman hehehehe... jadi kaya gtu tuh....

      Delete
  8. mantap gan !....
    jangan lupa di komen % invite blog ane..... :}
    http://jansenmanullang.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan atas kunjungan nya!....

      Delete
    2. ok, sama2 gan,.. salam kenal.. aja... nih...
      BTW udah... polback....... belum????

      Delete
  9. haha ada ya ritual gitu?? cukup puasa dan hidari maksiat , jangan lupa belajar :D

    selamat siang :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mba .. itu buktinya ada heheheh.... kan judulnya udah stres mba... anak2 tuh..

      selamat siang juga...

      Delete
  10. saya sebagai mendikbud senin depan akan segera mengundurkan diri, setelah UN tahun ini sengaja saya bikin kacau...silahkan baca di web saya.

    semoga sohib semua puas atas kemunduran saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantapppp.....

      ok.. otw ngintip ke tetangga.. nih...

      Delete
  11. mantap.. keren..
    http://groupbands.com/

    ReplyDelete

1. Silahkan Berkomentar Selagi Gratis, n selagi bebas berbicara asal jangan mengandung unsur SARA dan Pornografi.
2. Kalo ada yang menyinggung atau kurang berkenan dalam postingan ini mohon konfirmasi, supaya bisa di kelarifikasi.
3. Terimakasih yang sudah meninggalkan Komentar semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan dan Sehat selalu, Supaya bisa salaing berbagi..... :-)

Powered by Blogger.

TENTANG PENULIS

My photo

saya pengen berkarya dengan baik di mana pun,

DAFTAR ISI

SAUDARAKU